Rabu, 06 Maret 2013

Pengertian buta warna dan Cara mudah untuk mengetahui BUTA WARNA

Buta warna berarti bahwa Anda memiliki kesulitan untuk melihat warna merah, atau hijau, atau biru atau campuran dari warna-warna tersebut. Buta warna total, dimana seseorang tidak dapat melihat warna sama sekali, sangat jarang terjadi.
Buta warna paling sering  terjadi karena turunan (genetik) dan timbul saat lahir.
Orang biasanya memiliki tiga jenis sel kerucut pada mata. Anda melihat warna ketika sel-sel kerucut Anda merasakan jumlah yang berbeda dari ketiga warna dasar merah, hijau atau biru. Kebanyakan sel kerucut ditemukan di makula, yaitu bagian tengah retina.
Buta warna terjadi jika Anda tidak memiliki salah satu jenis sel kerucut atau sel kerucut tidak bekerja dengan benar. Anda mungkin tidak dapat melihat salah satu dari tiga warna dasar, atau Anda mungkin melihat warna tersebut sebagai warna yang berbeda. Buta warna jenis ini tidak mengalami perubahan dari waktu ke waktu.
Buta warna tidak selamanya disebabkan karena faktor turunan. Penyebab lainnya antara lain:
  • Penuaan
  • Mata masalah, seperti glaukoma, degenerasi makula, katarak, atau retinopati diabetik.
  • Cedera pada mata.
  • Efek samping dari beberapa obat.
Gejala-gejala dari masalah penglihatan warna bervariasi:
  • Anda mungkin bisa melihat beberapa warna tetapi tidak yang lain. Misalnya, Anda mungkin tidak dapat membedakan antara merah dan hijau tetapi dapat melihat biru dan kuning.
  • Anda dapat melihat banyak warna, sehingga Anda mungkin tidak tahu bahwa Anda melihat warna berbeda dari orang lain.
  • Anda mungkin hanya dapat melihat beberapa nuansa warna, sementara kebanyakan orang dapat melihat ribuan warna.
  • Dalam kasus yang jarang, Anda mungkin melihat hanya hitam, putih, dan abu-abu.
Langsung saja ke pokok pembahasannya. Mari sejenak kita lihat gambar dibawah ini, untuk menunjukkan kita buta warna atau tidak (yang tidak bersyukur Alhamdulilah) 
Silahkan diperhatikan baik-baik gambar dibawah ini, sembari mengucapkan basmalah, semoga kita tidak memiliki buta warna :)

Sangat mudah untuk ditebak angka yang ada pada gambar disamping. Baik mata normal ataupun buta warna bisa melihat dengan jelas angka yang ada pada gambar disamping, termasuk saya hehe..
Angka dua belas

 Hmm.. yang ini saya sedikit ragu dan memang ternyata saya salah. Orang yang tidak memiliki buta warna dengan jelas melihat angka yang ada didalam tersebut. Tetapi jika memilikinya akan salah menebak angka pada gambar disamping. Kalau saya sendiri melihat seperti angka dua, tetapi ternyata itu adalah angka lima hikhik...

Semakin kesini semakin sulit untuk menebak angka berapa. Kalau kita memiliki buta warna, maka dengan sedikit keraguan kita akan menjawab, bahwa angka yang ada pada gambar disamping angka tiga, padahal ternyata angka delapan. Ini terjadi bagi penderita warna merah-hijau sedangkan penderita warna total tidak akan melihat angka apapun.


Yang inipun tidak jauh beda. Penderita buta warna merah hijau akan membaca angka yang salah. Yaitu angka dua, padahal angka disamping bukan angka dua melainkan angka lima. Sedangkan penderita buta warna total tidak akan melihat angka apapun digambar tersebut.







Apalagi yang ini, kelihatan lebih membingungkan bagi saya. Gangguan penglihatan warna merah angka enam. Gangguan warna merah moderat nomor dua dan enam. Gangguan penglihatan warna hijau nomor dua. Gangguan warna hijau moderat - kedua angka. Untuk penglihatan normal, angka disamping adalah dua enam







Mereka yang memiliki penglihatan normat dapat melihat jalur biru-hijau dan kuning-hijau diantara titik X. Sedangkan penderita buta warna merah-hijau akan melihat garis biru-hijau. Penderita warna total tidak akan melihat garis apapun









Kalau ini terlihat sangat jelas termasuk saya :D
Penderita buta warna maupun normal akan bisa mengikuti jalur antara titik X. 







thumbnail
Judul: Pengertian buta warna dan Cara mudah untuk mengetahui BUTA WARNA
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait artikel :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Klaten oleh Raihan - Published by Juragan Template Klaten